Saturday, June 4, 2011

Sihir “Odong-odong” dan tangisan anak kecil

Odong-odong atau becak-becakan berbentuk burung adalah salah satu kreativitas penjual jasa mainan anak-anak. Setiap hari tukang odong-odong begitu anak-anak menyebutnya berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya untuk menarik minat hati anak-anak untuk menaikinya. Sore hari adalah waktu favorit bagi tukang odong-odong untuk mengais rupiah karena waktu ini adalah saat anak-anak untuk keluar bermain sehabis dari sekolah. Rengekan bahkan tangisan anak kecil demi berharap kepada orang tuanya agar bisa menaiki odong-odong yang di-iringi dengan lagu-lagu kesayangan anak-anak.

Kreativias dari penjual jasa mainan anak-anak patut diacungi jempol. Hampir setiap beberapa bulan sekali keluar model mainan anak-anak yang dikerjakan dari kreativitas bengkel yang berkreasi demi membuat anak-anak tertarik. Mulai dari kereta mini, odong-odong, mobil-mobilan hingga roda gila. Sifat anak-anak yang mudah bosan dan mudah tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru harus diimbangi dengan kreativitas demi menarik hati anak-anak.

Sihir dari kreativitas bengkel jalanan ini selain membuat anak-anak senang juga membuat bengkel-bengkel lebih berkreasi dan menumbuhkan peluang wirausaha.