Thursday, March 31, 2011

[BLOG TIPS] Strategi Promosi Blog agar Banyak Pengunjung

[BLOG TIPS] Strategi Promosi Blog agar Banyak Pengunjung - STRATEGI PROMOSI BLOG AGAR BANYAK PENGUNJUNG. Setelah kita bekerja keras mendesain tampilan dan mengisi blog dengan konten-konten yang siap menarik minat pembaca, maka tibalah saatnya kita memperkenalkan blog kita kepada khalayak ramai. Sebagus apapun blog kita, belum puas kan kalau nggak banyak yang mengunjungi?
Agar blog kita banyak pengunjung alias traffic-nya semakin tinggi, maka diperlukan promosi yang gencar.Terlebih untuk blog yang ingin dijadikan sebagai sarana mendapatkan uang.Maka dalam hal ini traffic menjadi sangat penting
Semakin banyak pengunjung blog dan jumlahnya stabil, maka akan cenderung semakin mudah bagi sang Blogger memonetasi blognya. Misalnya saja, blog dengan traffic yang tinggi tentu akan lebih mudah menarik perhatian publisher/pemasang iklan, atau kemungkinan iklan PPC yang dipasang akan lebih banyak yang ngeklik dan sudah tahu kelanjutannya bukan? Ho...hoo..hooo....
         Ada banyak sekali cara untuk mempromosikan blog/meningkatkan trafic blog. Berikut ini adalah sedikit kumpulan cara / strategi promosi blog yang pernah saya pelajari dari berbagai sumber:
1. Strategi Promosi blog dengan Menerapkan Search Engine Optimize (SEO) sebagai search engine marketing. SEO merupakan bagian yang sangat penting dari blog. Karena traffic blog kebanyakan berasal dari Search Engine. Nah, jika blog kita tidak muncul di hasil pencarian Search Engine, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Untuk strategi promosi blog melalalui search engine (SEO), lebih lengkap bisa Anda baca di sini.

2.  Strategi promosi blog-Pasang iklan di internet
Banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk memasang iklan blog. Berikut ini beberapa di antaranya:
  • Website iklan baris gratis (baik yang benar-benar free, membership atau pakai bayar)
  • Melalui PPC Advertising Program (bayar)
  • Pasang iklan di blog orang lain
3. Strategi Promosi blog lewat situs media "social network".
  • Facebook untuk promosi blog, merupakan media social network dengan jutaan pengguna. Facebook juga telah terbukti efektif untuk mempromosikan apa saja termasuk blog. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan facebook untuk mempromosikan blog dan segala produk Anda. Selengkapnya tentang “Cara promosi blog lewat Facebook” sahabat blogger lihat di sini.
  • Twitter, juga merupakan jejaring social yang sedang popular. Bahkan twitter di belahan dunia Amerika masih lebih popular. Jangan lewatkan juga media ini untuk mempromosikan blog sobat.
  • Friendster
  • Plurk
4. Strategi promosi blog melalui situs-situs forum online.
Ada banyak situs forum online yang bisa kita jadikan tempat promosi sambil menambah pengetahuan dan sharing dengan pengguna forum lainnya.Misalnya saja KasKus yang merupakan situs forum terbesar di Indonesia (The Largest Indonesian Community).

5. Submit ke berbagai website directory, seperti:
  • Blog Catalog
  • Dmoz (Wajib)
6. Strategi promosi blog melalui blog lain. Ada beberapa cara:
  • dengan memberi komentar
  • menyumbang tulisan disertai link ke blog kita
  • tukeran link/ link exchange
  • pasang iklan di blog orang lain
7. Strategi promosi blog via yahoo! answer, dengan cara menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan konten blog dan menjadikan blog kita sebagai referensinya (berikan alamat blog serta link).

8. Strategi Promosi Blog melalui email (Email Marketing). Membuat daftar email, kirim, tapi hindari melakukan SPAM.
9. Strategi Promosi Blog Melalui media social bookmarking.

10. Strategi promosi Blog-Melaksanakan Video Marketing (pemasaran dengan media video), kita bisa memanfaatkan youtube, atau situs download agar video promosi blog beredar lebih luas.

11. Strategi promosi blog melalui yahoogroups dan googlegroups.
Mempromosikan blog melalui yahoogroups dan googlegroups sangatlah mudah. Kita hanya membutuhkan alamat email untuk mendaftar ke googlegroups dan yahoogroups lalu mengumpulkan alamat email groups sebanyak-banyaknya, kemudian kita bisa kirim email promosi ke ratusan group secara rutin.

12. Strategi promosi blog dengan melaksanakan segmentasi komunitas di internet.
Di internet terdapat beragam segmentasi komunitas.Segmentasi komunitas online adalah segmentasi dari orang-orang yang saling berinteraksi. Beragam segmentasi komunitas internet terbagi menjadi komunitas minat (hobi, fans club, gamers,dll), komunitas relasi (, komunitas fantasi, komunitas transaksi (jual-beli barang), dan komunitas professional(membicarakan hal-hal yang bersifat professional), dll.
Bagaimana cara memanfaatkan adanya komunitas di internet ini agar menjadi salah satu pemasok traffic terbesar blog kita?
Agar kita bisa secara leluasa mempromosikan blog kita dalam suatu komunitas adalah dengan masuk menjadi anggota komunitas itu.Istilahnya...menyusup kali ya.
Tapi, bukan sembarang komunitas yang bisa kita ikuti untuk mempromosikan blog kita.Komunitas yang kita ikuti adalah komunitas yang memiliki topik yang sesuai dengan konten blog kita.
Setiap komunitas online biasanya memiliki wilayah atau situs tersendiri di mana para anggota atau orang-orang yang seminat, sepaham, atau satu tujuan, atau apalah yang jelas memiliki satu kesamaan berkumpul dan saling berdiskusi (biasanya dalam bentuk forum).
Jadi, misalnya konten
blog kita adalah tentang sepak bola, maka kita masuk ke segmen komunitas minat khusus sepak bola.Begitu juga jika blog kita tentang blog seperti blog ini, ya ikutlah komunitas blogger.
Manfaat melakukan promosi blog melalui komunitas/klub internet adalah:
Langsung menuju target pasar/pengunjung blog yang 90% bisa jadi pengunjung setia blog kita.
Selain promosi blog, kita juga akan mendapatkan teman yang seminat.
Menambah ilmu dari anggota lain dalam komunitas atau klub yang kita ikuti. Akan sangat mungkin berpengaruh positif bagi kita dalam mengembangkan blog yang berkonten sama dengan komunitas.
Kita bisa lebih mengerti apa yang sedang trend, keinginan/kebutuhan anggota dengan hanya melihat treads percakapan yang ada dalam forum komunitas atau langsung ikut dalam forum diskusi.
Mendapat backlink gratis dan bermutu dari web forum komunitas yang kita ikuti dan menambah traffic dari forum komunitas tersebut.
Strategi promosi blog dengan segmentasi komunitas ini akan serupa dengan promosi dari mulut ke mulut. Anggota komunitas yang satu akan memberi tahu yang lainnya tentang blog kita seterusnya bahkan di luar forum komonitas tentu hanya jika mereka menyukai blog kita. Ini adalah BUZZ... dan terbukti sangat efektif.
Dalam promosi blog melalui segmentasi komunitas internet ini, kita harus tetap mengikuti ETIKA DAN CARA PROMOSI BLOG MELALUI KOMUNITAS INTERNET.Selain memasuki komunitas internet yang telah ada, kita juga bisa membuat wadah komunitas sendiri untuk mempromosikan blog kita.
Beberapa cara mempromosikan blog dengan membentuk komunitas sendiri adalah dengan:
  • Membuat forum sendiri untuk promosi blog
  • Membuat Grup di Facebook untuk Mendongkrak Popularitas Blog
13. Strategi Promosi blog melalui dummy blog.
       Dummy blog adalah blog kecil yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung blog utama. Biasanya sebuah blog utama akan mempunyai lebih dari satu dummy blog. Blog pendukung dibuat dengan tujuan memberikan link yang berkualitas dengan harapan akan memperkuat posisi blog utama serta bisa mendatangkan traffic tambahan.Untuk membuat blog pendukung yang berkualitas ini kita harus menyediakan waktu tambahan atau meluangkan sedikit waktu karena membuat blog dummy hampir sama halnya dengan membuat blog biasa, yang membedakan adalah jumlah kontennya yang lebih sedikit.
Beberapa tips untuk membuat blog dummy yang berkualitas:
  • Konten blog dummy harus lebih spesifik dari blog utama.Usahakan konten sebuah blog dummy adalah hanya berkutat pada satu label/kategori pada blog utama.
  • Memberikan link hanya ke blog utama.
  • Buat postingan yang isinya mereview setiap konten yang ada di blog utama dan berikan link terkait ke blog utama.
  • Usahakan jangan dipasangi iklan. Bisa saja kita pasang iklan di blog dummy namun tak boleh berlebihan. Ingat, tujuan pembuatan blog dummy adalah untuk mendukung blog utama.
  • Isi blog dengan postingan yang sangat unik yang belum ada atau sangat jarang ditemukan di internet serta tetap lakukan SEO akan lebih baik. Walaupun blog kecil tapi kalau unik dan dioptimasi SEO juga tentu akan mendapat tempat di search engine.
14. Strategi Promosi Blog-Memanfaatkan RSS Feed.

15.
Strategi Promosi Blog dengan Mengadakan kontes blog untuk meraih traffic tinggi, SEO, dan link popularity.
Sudah sering kan… mendengar adanya kontes blog, pernah mengikuti, menang atau mungkin malah pernah mengadakan. Kontes blog, merupakan sebuah ajang yang dibuat dengan melibatkan para blogger dengan hadiah tentunya.Bentuknya bermacam-macam, seperti kontes SEO, kontes menulis, desain banner, kontes blog terbaik dll. Dari beberapa kontes blog yang pernah diadakan, ada sebagian di antaranya yang dijadikan untuk alat promosi sang penyelenggara. Dan umumnya adalah untuk mempromosikan blog/website juga.Serta jenis kontes yang sering diadakan untuk promosi blog adalah kontes SEO.Kenapa? Ya jelas, dengan kontes SEO pihak penyelenggara kontes SEO memberlakukan persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi peserta sehingga dari kontes SEO ini website/blog pihak penyelenggara bisa mendapatkan link balik, menambah SEO Blog, lalu traffic, sehingga situs/blog penyelenggara makin terkenal dan ujung-ujungnya adalah menambah INCOME.
Bisa kita ingat kembali beberapa
kontes SEO besar yang pernah ada seperti “Astaga!Com lifestyle on the net”, atau yang sekarang lagi berlangsung.
Namun, bila kita ingin melakukan strategi promosi dan SEO blog dengan cara ini sebelumnya kita harus melakukan persiapan matang agar tidak merugikan kedua belah pihak baik kita sebagai penyelenggara ataupun para blogger peserta. Misalnya, dari soal biaya yang dibutuhkan berapa, aturan mainnya gimana, tenggang waktunya berapa lama, efektif nggak… Percuma menghabiskan banyak biaya untuk mengadakan kontes dalam rangka promosi kalau tak sesuai dengan hasilnya.
Saya nggak begitu berpengalaman soal ini karena belum pernah mengadakan, kalau mengikuti sih pernah… tapi kalah mlulu. Nah… kalau teman-teman mau mengadakan kontes SEO lebih baik dipertimbangkan dulu dan tanya saja sama yang pernah mengadakan. Kecuali kalau niatnya memang untuk berbagi, saya sarankan kasih aja 1 hadiahnya untuk saya. He..he..he..

16. Strategi promosi blog dengan Berbagi template gratis (menebar link dan meraih traffic dari blogger lain).
Kalau yang ini saya nggak bisa banyak berkomentar. Tapi yang jelas cara ini mulai banyak yang melakukan. Tentunya yang melakukan strategi promosi blog dengan berbagi template gratis adalah blogger yang sudah mengerti dalam otak-atik kode html dan pemrograman web/web design. Bila teman-teman sudah bisa membuat template blog sendiri, saya sarankan untuk berbagi dengan blogger lain dengan cara mengirim template kreasi sobat melalui link ini agar dimuat di galeri blogger templates milik SaranaBlogger. Sebelum template blog kreasi sobat disebarkan, tanamkan link blog sobat di dalam blog template yang akan disebarkan agar selalu terbawa oleh pengguna template kreasi sobat.

17. Strategi Promosi Blog dengan cara Berbagi ebook gratisan.
Ok, promosi blog melalui ebook tidaklah sulit. Cukup tambahkan alamat blog di setiap halaman ebook, jadikan blog yang kita promosikan sebagai referensi tulisan, berikan link yang berkaitan dari ebook ke postingan blog, lalu upload ke file hosting dan muat tulisan tentang ebook yang Anda buat pada blog kita. Kalau perlu kita bisa sebarkan ebook dengan berbagai cara sesuai kreatifitas kita atau mungkin secara offline (melalui teman). Kalau ebook yang kita buat bagus, pasti akan bikin penasaran pembaca kepada siapa penulisnya dan tentu untuk memenuhi rasa penasaran mereka akan mengunjungi alamat blog sang penulis.
Kalau menurut saya, yang bikin sulit dalam strategi ini adalah dalam membuat ebook-nya. Ha..ha..ha..Capek…udah nulis buat blog masih harus menulis ebook.Tapi jangan khawatir, ada solusinya. Bukankah terkadang kita nggak punya cukup waktu untuk sekedar membaca postingan di blog yang terlalu panjang seperti postingan ini…? Maka dari itu saya buatkan versi ebook untuk artikel “Strategi Promosi Blog” yang bisa teman-teman download di sini.
Tak perlu dijelaskan lagi kan…?

18. Strategi Promosi Blog secara Offline
Mempromosikan blog juga tak harus selalu dilakukan melalui depan monitor. Mempromosikan blog di dunia nyata juga layak untuk dilakukan.Walaupun memang, untuk mempromosikan blog secara offline dibutuhkan ke-PeDe-an yang lumayan tinggi.Dan saya belum begitu PeDe untuk ini.
Terlepas dari masalah PeDe atau nggak PeDe, memperkenalkan blog di dunia nyata memang terkadang juga perlu dilakukan.Karena pengunjung blog memang bisa datang dari mana saja.Walaupun saya sangat jarang melakukan ini karena masalah itu tadi, namun teman-teman saya tetap ada yang melakukan promosi blog secara offline.Kabarnya juga, promosi blog secara langsung dari mulut ke mulut akan lebih efektif karena mereka akan berusaha mengingat alamat blog kita dan tidak seperti pengunjung dari search engine yang datang tak diundang pulang tak dianter macam jae-kangkung. Ho…ho..ho… maksudnya, pengunjung dari search engine tak selalu berusaha mengingat situs mana saja yang telah mereka kunjungi. Misalnya, kalau kita memberikan alamat blog kita kepada teman maka dia akan mengingat alamat blog kita agar tidak lupa jika suatu saat ia ingin mengunjungi. Begitu juga jika teman kita itu memberi-tahukan alamat blog ke temannya yang lain, dst.
Tapi efektifitas strategi promosi blog secara offline ini akan sangat tergantung pada konten blog. Jika pengunjung hasih promosi konvensional suka ya mereka akan kembali lagi. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya atau pengunjung blog tidak tertarik dengan konten blog kita/tidak membutuhkannya ya pasti akan segera ditinggalkan.