Wednesday, March 30, 2011

Mitos tentang makanan &minuman

Surabaya - Banyak mitos tentang makanan dan minuman yang berkembang di masyarakat sejak lama. Padahal belum tentu teruji kebenarannya, atau mungkin terlalu banyak penambahan materi di dalamnya. Benarkah demikian?

"Eh, jangan kebanyakan makan cokelat nanti gemuk!" atau "Minum air putih yang banyak deh, berat badan nanti juga turun," dua diantara ungkapan demikian sering kita dengar. Banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang makanan, padahal belum tentu juga kebenarannya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang telah terbukti salah ditafsirkan banyak orang.

Minum Air Lunturkan Lemak

Banyak yang berpikir kalau minum banyak air putih akan melunturkan lemak di dalam tubuh, padahal kenyataannya tidak demikian. Minum banyak air putih setiap harinya akan membuat porsi makan lebih sedikit dan menghindarkan dari  dehidrasi. Minum dua gelas air putih setengah jam sebelum makan, akan membuat porsi makan berkurang.

Kentang Goreng Penyebab Jerawat
Menghindari kentang goreng atau tempe goreng karena takut jerawatan? Masalah utama bukanlah pada kentang gorengnya, namun pada minyak yang digunakan untuk menggoreng. Terlalu banyak makan makanan yang digoreng ataupun yang menggunakan minyak nabati akan memicu timbulnya jerawat. Pastikan tangan Anda dibersihkan dari minyak sebelum menyentuh wajah, karena sisa minyak yang menempel pada kulit wajah pun bisa menimbulkan jerawat.

Wortel Cerahkan Penglihatan
Banyak yang menduga, dengan mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang banyak membuat mata minus kembali normal. Padahal pada kenyataannya tidak demikian. Wortel memang kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata tapi bukan berarti sebagai obat menghilangkan minus. Mengkonsumsi wortel secara teratur, akan membuat mata (normal) selalu dalam keadaan sehat dan penglihatan tidak terganggu.

Mitos Makan Malam
Makan malam kadang dikaitkan sebagai salah satu penyebab kegemukan. Meskipun sedikit benar, namun tidak menjadi penyebab utama. Mengkonsumsi kalori berlebihan di siang hari pun bisa jadi penyebab naiknya berat badan. Pastikan makan dua jam sebelum tidur, dan langsung menyikat gigi agar keinginan makan teredam. Jangan menyimpan camilan apapun di kulkas  kecuali buah-buahan yang mengandung serat.

Gula Penyebab Diabetes
Diabetes tidak melulu disebabkan oleh gula, tapi gula dapat menambah berat badan. Gula memiliki peran meningkatkan berat badan yang beresiko terkena diabetes type 2. Makan banyak karbohidrat pun bisa menyebabkan diabetes, karena kadar glukosa dalam karbo juga tinggi. Untuk menyeimbangkannya konsumsi cukup serat dari sayur dan buah-buahan, dan usahakan untuk mengkonsumsi gula sesedikit mungkin dalam sehari.