Tuesday, May 24, 2011

Candu "Nasi Gandul" khas Pati


Pati adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur pantura Jawa. Salah satu kuliner yang paling terkenal akan rasa enaknya adalah nasi gandul. Makanan ini kita dapat menemuinya di sekitar alon-alon kota maupun di depan stadion Pati. Nasi gandul hampir mirip dengan soto yang mempunyai kuah yang sangat terasa gurih dan pedas.

Makanan khas Pati ini disajikan diatas piring yang dilapisi dengan daun pisang. Nasi Gandul disiram kuah yang sangat kental akan rempah-rempah dan mengandung santan yang berwarna coklat. Rasanya didominasi oleh rasa daging sapi, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi di potong-potong dengan gunting yang menjadi ciri khas tersendiri di kota dimanapun penjual nasi gandul membuka warung.

Bumbu rempahnya akan terasa gurih pedes seperti makanan gulai yang membuat keringat bercucuran. Daging sapi yang digunting tipis terlihat tekstrur-nya dan akan terasa sangat empuk. Tempe maupun perkedel pun selalu tersedia untuk menemani ketika menyantap nasi gandul.

Kadar yang cukup tinggi dari lemak yang ada di "jeroan" atau "bagian dalam perut sapi" memberikan rasa yang lezat namun berkolesterol tinggi. Santan yang menjadi bagian dari kuah juga harus hati-hati untuk penderita asam urat tinggi.