Thursday, May 19, 2011

Kayu Unggulan dari Hutan Indonesia

Indonesia dikenal sebagai Negara yang mempunyai hutan yang luas di dunia yang merupakan salah satu paru-paru dunia. Dari hutan dihasilkan kayu dalam jumlah yang sangat besar untuk menunjang pembangunan baik itu rumah maupun berbagai kelengkapan yang terbuat dari kayu.

Beberapa jenis kayu di Indonesia merupakan kayu unggulan karena kayu tersebut sangat kuat dan tahan terhadap baik itu cuaca, waktu maupun ada yang tahan terhadap rayap. Tidak semua kayu-kayu tersebut dapat dijumpai di semua pulau di Indonesia, ada beberapa yang hanya dijumpai di pulau tertentu.

Berikut adalah kayu-kayu kuat dan berkualitas di Indonesia :
1 Kayu Jati  : kayu jati dikenal karena bentuk dari seratnya yang eksotis selain karena kuat dan tahan lama. Pohon jati tersebar hamper di seluruh pulau jawa, bali dan nusa tenggara yan gberiklim tropis. Kayu Jati banyak dipakai untuk membuat meubel seperti lemari, kursi, meja dan furniture lainnya. Kayu ini sangat terkenal sebagai bahan baku kerajian ukir furniture di Jepara yang diekspor ke mancanegara.

2. Kayu Ulin : kayu ini disebut juga sebagai kayu besi karena sangat kuat. Tumbuh secara alami di hutan Kalimantan, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka & Belitung. Kayu ulin sudah mulai dilindungi oleh pemerintah karena sudah mulai langka, kayu ini tahan terhadap serangan rayap. Selain itu kayu ini juga tahan terhadap air sehingga sering dipakai untuk jembatan maupun dermaga kecil yang terbuat dari kayu. Dikalimantan, bahkan kayu ini dijadikan kolom rumah yang mengikat antara pasangan batu-bata menggantikan ulir besi.