Saturday, May 21, 2011

Mari berlibur sekaligus Belajar

Musim liburan telah tiba, setelah berjuang satu semester saatnya kita membawa anak-anak kita menyegarkan pikiran. Eits tapi tunggu dulu, kita bawa anak kita ke tempat liburan yang bukan hanya menawarkan liburan sesaat yang tidak bermanfaat, kita bawa anak-anak menuju tempat wisata yang sekaligus bisa memberi pelajaran kepada mereka. Ya, pelajaran tentang alam karena alam banyak sekali memberikan kita pelajaran, semuanya berasal dari alam dan diciptakan untuk kita.

Lalu dimana sih kita bisa menemukan tempat itu di Jakarta ? berikut nih tempat wisata referensi yang membuat liburan anak bukan hanya seru tetapi bermanfaat bagi pendidikannya :
Kebun Binatang Ragungan : tempat wisata ini hampir pasti penuh dan berjubel ketika musim liburan tiba. Ragunan menawarkan wisata kekayaan fauna yang ada di Indonesia. Kebun Binatang terlengkap di Indonesia ini mempunyai satwa yang sangat komplet. Mulai dari primata, burung, jerapah, unta dari timur tengah hingga gajah. Dengan harga karcis masuk yang murah hingga tersedianya transportasi yang mudah menjadi alasan banyak warga berkunjung kesini. Anak-anak bisa kita ajarkan mengenai spesies-spesies yang di ajarkan di sekolah dengan melihat langsung fauna tersebut disini. Tempat yang teduh pastinya semakin membuat anak-anak betah, apalagi disini juga disediakan atraksi dengan menaiki gajah. Sungguh pengalaman yang seru bagi anak-anak berkontak langsung dengan binatang-binattang kesayangannya.

Sea World : Sea-world terletak di dalam ancol, Jakarta utara. Akuarium raksasa ini mengajarkan anak-anak tentang dunia air, mulai air tawar hingga dunia laut. Terowongan yang seolah-olah membelah laut juga memberi gambaran yang jelas tentang habitat yang ada di laut yang belum pernah dilihat. Belut listrik, ikan pari, ikan lumba-lumba, ikan paus, ikan hiu hingga ikan buas yang didatangkan langsung dari amazon, ikan piranha. Ikan balon pun dapat ditemui anak-anak, bahkan anak-anak pun boleh memegang ikan ini yang akan menggembung ketika dipegang sebagai proteksi ikan yang terancam.

Taman Buah Mekarsari : Taman ini terletak di daerah yang berdekatan dengan kediaman Presiden SBY. Taman yang luasnya berhektar-hektar ini mempunyai koleksi buah-buahan, sayuran dan bunga yang sangat lengkap. Ketika musim buah tiba bahkan kita boleh memetik dan memakannya ditempat, sungguh pasti menyenangkan untuk anak-anak ketika merekan memakan buah yang langsung dipetik dari pohonnya, melon berbentuk kotak pun dapat kita temui disini. Untuk menempuh taman yang area berhektar-hektar pengelola juga menyediakan kereta yang bisa memanjakan pengunjung ketika mengelilingi taman ini. Yang unik, taman buah mekarsari ini juga terdapat taman gantung, mirip dengan yang ada di baboliania itu.

Kandang Jurang Doank : tempat wisata edukasi yang terdapat di daerah pondok aren, ciputat ini adalah milik artis Dik Doank. Kegiatan outbond bisa sangat menantang bagi anak-anak yang pasti seru banget, apalgi disini juga terdapat danau yang tidak dalam sehingga anak-anak bisa bermain perahu sepuasnya. Untuk menambah adrenalin, anak-anak bisa main flying fox maupun menyeberang jembatan tali yang didampingi oleh pengelola yang ramah.

Kebun Raya Bogor : bergeser sedikit dari Jakarta kita bisa menikmati suasana hutan di kebun raya Bogor. Hutan dengan pohon-pohon raksasa berusia ratusan tahun pasti menambah rasa kagum anak-anak akan ciptaan tuhan yang tidak bisa mereka temui di Jakarta. Apalgi disini kita bisa temui tanaman raksasa langka yang ketika bunganya mengembang akan menimbulkan bau busuk, Raflesia Arnoldi. Jika beruntung kita dapat melihat bunga ini mekar dan menikmati baunya yang aduhai.