Monday, May 16, 2011

Hebat....99,22% peserta ujian UN 2011 SMA lulus


Setelah beberapa tahun dinas pendidikan menuai kecaman ketika penyelenggaraan ujian akhir nasional, tahun ini mungkin dinas pendidikan tidak akan menuai banyak kecaman. Pasalnya angka kelulusan ujian akhir nasional (UAN) mencapai 99.22%, hanya 0,78% peserta saja yang tidak lulus. Berbeda dari tahun lalu yang hanya meluluskan 89,93% atau berselisih 8% dari tahun ini. Angka kelulusan tersebut sangat melegakan para orang tua peserta ujian maupun siswa/ siswi itu sendiri. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari tambahan jam pelajaran di sekolah, kursus luar sekolah hingga ada yang mengadakan doa bersama. Semua usaha dilakukan demi mendapatkan kelulusan, sebuah target yang harus dicapai demi masa depan. 

Namun apakah angka kelulusan ini mencerminkan keberhasilan dari mutu pendidikan kita ? Berkaca dari sistem pendidikan dan sarana pendidikan yang ada di Indonesia rasanya belum bisa dikatakan kalau mutu pendidikan di Indonesia sudah mengalami kemajuan. Tengok saja peringkat perguruan tinggi Indonesia di Asia, perguruan tinggi kita masih kalah jauh dibanding dengan negara-negara tetangga yang sangat serius membina generasi muda mereka. Mulai dari sistem pendidikan yang baku, membebaskan biaya pendidikan hingga prasarana yang memadai. 

Angka kelulusan yang begitu tinggi mungkin bisa saja sebuah solusi agar tidak terjadi keributan-keributan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya akibat protes para orang tua peserta ujian yang tidak lulus. Namun apakah benar karena mutu pendidikan yang maju atau soal dari ujian nasional yang diturunkan mutunya ? jawabannya bisa kita lihat apabila kita bandingkan dengan mutu pendidikan di luar negeri, kalau hanya sebatas prosentase kelulusan itu mah bisa diatur, daripada ribut-ribut...